Kamis, 06 September 2012

Kisah Inspiratif Handry Satriago

Saya bertemu beliau Sabtu lalu pada perayaan Anniversary yang ke-2 Akademi Berbagi. Tidak disangka CEO General Electric ini datang dengan kursi roda. Dengan gaya bicaranya yang khas dan sangat menarik bang Handry berbagi inspirasi kepada kami.

Seorang peserta acara mengajukan pertanyaan kepada beliau mengenai apa yang membuatnya duduk di kursi roda dan bagaimana ia melewati masa-masa sulit dalam hidupnya. Dengan tenang, Bang Handry menceritakan kisah hidupnya.
  
****
Sejak 17 tahun saya duduk di kursi roda. Waktu itu saya merasakan sakit di pinggang dan ternyata dokter memvonis bahwa itu adalah kanker. Teknologi medis belum maju, kemoterapi belum ada, obat belum ada. Tak lama kemudian kaki saya lumpuh. Dunia menjadi gelap. Saya mengurung diri di kamar. Saya berhenti sekolah..

Suatu ketika ayah say
a masuk dan berkata. "Nak kamu ingat dulu kita memiliki sebuah mobil kecil yang selalu mogok ketika hujan. Waktu itu kita sekeluarga sedang pergi dan jalanannya menanjak. Pas turun hujan mobil kita langsung mogok. Tidak ada pilihan bagi kita selain mendorongnya. Kalau kita tidak mendorongnya maka kita akan tetap di situ. Bahkan kalau mobil kita mundur, akan lebih sulit lagi untuk mendorongnya naik.."

"Nak, hidup ini seperti itu. Kamu tidak bisa diam saja mengurung diri di kamar. Kamu harus terus maju. Walaupun jalannya akan sangat pelan dan berat kamu harus terus mendorongnya. Karena tidak mungkin kupu-kupu yang sering kamu tangkap dulu akan datang ke kamarmu. Memintamu untuk menangkapnya. Tidak. Kamu yang harus keluar dan menangkap kupu-kupu itu."

Sejak hari itu hidup saya berubah. Saya keluar dari kamar dan berkata kepada ibu. "Bu saya mau sekolah."
****
 
Sungguh sebuah kisah yang luar biasa mengharukan dan menginspirasi. Bang Handry sudah membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak bisa dijadikan alasan untuk mengeluh. Bahkan beliau adalah orang Indonesia pertama yang memimpin General Electric. Kesulitan karena keterbatasan fisik memang sering beliau temui. Namun semangat dan optimisme-lah yang telah mengantarkannya meraih mimpi-mimpi dalam hidupnya.

1 komentar:

  1. "Nak, hidup ini seperti itu. Kamu tidak bisa diam saja mengurung diri di kamar. Kamu harus terus maju. Walaupun jalannya akan sangat pelan dan berat kamu harus terus mendorongnya. Karena tidak mungkin kupu-kupu yang sering kamu tangkap dulu akan datang ke kamarmu. Memintamu untuk menangkapnya. Tidak. Kamu yang harus keluar dan menangkap kupu-kupu itu."

    >> ini keren banget, fiz.
    alhamdulillah banget kamu 'belajar langsung' dari beliau :-)

    BalasHapus