Minggu, 24 Juni 2012

Sumpah, Saya Harus Ikut IYC!

Sejak SMP sampai sekarang saya aktif di dunia organisasi..

Di SMP saya gabung ke OSIS. Sebenarnya, masuk OSIS itu awalnya bukan keinginan pribadi. Tapi lebih karena ditunjuk. Soalnya saya yang waktu itu emang masih polos banget :D tiba-tiba dipanggil ke sebuah ruangan dan diminta menyampaikan visi misi. Lah? Kenal OSIS aja enggak malah diminta visi misi. Jadilah saya ngomong apa aja yang bisa saya omongin. Eh guru-guru dan peserta sidang (serius banget kayaknya) malah milih saya buat mimpin itu OSIS. Ya, saya terima aja..

Tapi dari pengalaman itu justru saya bersyukur banget. Saya jadi cinta sama dunia organisasi. Di SMA saya gabung ke Kelompok Studi Islam. Nah di kampus dunia organisasi saya jauh lebih berkembang lagi. Saya pernah gabung ke BEMJ Matematika. Terus ke Education Watch yang sekali lagi harus memimpin organisasi ini karena memang ditunjuk. Baru setelah itu saya gabung ke BEM UNJ..

Bagi saya, organisasi adalah hidup saya. Kalo ga gabung ke organisasi rasanya ada yang aneh gimana gitu..

Mata saya jauh lebih terbuka ketika pada awal Juni yang lalu saya lolos seleksi sebagai peserta National Future Educators Conference (NFEC) yang diadakan di Jakarta. Seratus pemuda se-Indonesia berkumpul selama 2 hari. Berdiskusi dan saling berbagi inspirasi tentang pendidikan Indonesia. Di sana saya bertemu dengan kawan-kawan dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua. Luar biasa. Semangat mereka yang berkobar, optimisme, dan aktivitas yang mereka lakukan berhasil menembus mata hati saya. Menaburkan berjuta tanda tanya untuk saya jawab, "Apa yang sudah saya lakukan untuk Indonesia?"

Dari konferensi itu juga saya jadi tau banyak event tingkat nasional dan internasional. Seorang teman baru saya di NFEC mengajak saya untuk ikutan IYC. Katanya begini, "Abang, nanti ikut IYC ya? Biar kita bisa reunian lagi." Dari dia juga saya akhirnya tau siapa itu Alanda Kariza. Saya jadi tau bahwa Alanda Kariza nulis buku yang judulnya Dream Catcher. Dan saya juga jadi tahu bahwa IYC itu digagas oleh Alanda Kariza. Saya sampe nyari bukunya di toko buku dan sedikit baca tentang kisah-kisahnya ketika pertama kali mengadakan IYC. Luar biasa banget :D

Saya yakin, pemuda punya peran besar sebagai agen perubahan. Pemuda punya idealisme tingkat tinggi, optimisme, dan semangat yang terus menyala-nyala. Bayangkan apa yang akan terjadi jika ratusan pemuda se-Indonesia berkumpul dan saling berbagi untuk menjawab segala permasalahan bangsa. Bung Karno saja hanya butuh 10 orang pemuda untuk mengguncang dunia. Maka ratusan pemuda itu akan jauh lebih mampu mengguncang dunia. Bahkan mungkin guncangannya akan terasa juga ke akhirat :D

Saya ingin bertemu dengan pemuda-pemuda itu. Saya ingin belajar banyak dari materi yang diberikan di IYC. Saya ingin berkontribusi untuk Indonesia. Karena prinsip saya, "Manusia terbaik di dunia adalah mereka yang bermanfaat untuk sesama." Ya, saya ingin keberadaan saya di dunia bermanfaat untuk Indonesia..

HIDUPLAH INDONESIA RAYA ...!!!


(Tulisan ini diikutsertakan dalam sebuah kuis dan berhasil memenangkan 1 buah tiket acara Festival Indonesian Youth Conference 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar