Senin, 05 Desember 2011

Profil Education Watch BEM UNJ


"Bangsa yang maju adalah bangsa

yang meletakkan pendidikan

sebagai prioritas pembangunan”


Enam puluh lima tahun setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya, kita melihat bahwa kondisi bangsa ini masih terpuruk hampir di semua bidang kehidupan. Tingkat kemiskinan yang tinggi, kesenjangan yang besar antara konglomerat dan orang melarat, kebodohan dalam bidang sains dan teknologi, kerusakaan moral yang semakin menjadi, adalah segelintir fakta yang mencambuk tubuh kita sebagai Rakyat Indonesia. Kita melihat bahwa Indonesia masih menjadi negara berkembang (atau bahkan terbelakang) sedangkan negara tetangga seperti Malaysia, India, dan Singapura sudah jauh meninggalkan Indonesia dalam kancah percaturan dunia.

Memahami kondisi bangsa yang kian memprihatinkan, kita perlu bertanya, “Apa yang salah dengan strategi pembangunan Indonesia? Apa yang salah sehingga kita tertinggal dari China dan Singapura yang bahkan kemerdekaannya diperoleh beberapa tahun setelah Indonesia merdeka?”

Belajar dari sejarah, ditemukan fakta bahwa negara-negara yang saat ini menjadi negara maju di dunia adalah negara yang menjadikan pendidikan sebagai prioritas pembangunan. John F Kennedy mengajukan pertanyaan yang terkenal ketika Amerika Serikat tertinggal dari Rusia dalam bidang penerbangan antariksa, “What’s wrong with our classroom?” Atau Perdana Menteri Jepang yang setelah negaranya dijatuhi bom atom menanyakan berapa jumlah guru yang masih hidup. Bagaimana dengan Indonesia?

Sudah saatnya kita bangkit. Indonesia butuh pemuda-pemuda dengan semangat dan kesadaran pendidikan yang tinggi. Mengapa pemuda? Karena pemuda adalah pilar kebangkitan. Pemuda adalah penggerak perubahan. Pemuda adalah harapan bangsa. Soekarno pernah berkata, “Berikan kepadaku 10 orang pemuda, maka akan aku goncangkan dunia.”

Education Watch lahir atas dasar keprihatinan dan kepeduliannya terhadap pendidikan. Ia merupakan sebuah wadah perkumpulan yang membahas dan mengkaji permasalahan-permasalahan pendidikan Indonesia serta bergerak untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Education Watch yang biasa disebut Eduwa adalah underbow Departemen Pendidikan BEM UNJ yang juga setara dengan underbow-underbow lainnya seperti Green Force dan Tim Pembela Mahasiswa.

Visi : Menjadikan Education Watch sebagai penggerak pendidikan yang kritis, solutif, dan kontributif terhadap permasalahan pendidikan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar